Hikmah

55 Nama Lain Al Quran Lengkap dengan Dalil serta Pengertiannya

Kastolani Marzuki · Jumat, 02 Juli 2021 - 16:11 WIB
55 Nama Lain Al Quran  Lengkap dengan Dalil serta Pengertiannya
Al Quran. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Nama lain Al Quran banyak disebutkan Allah SWT dalam beberapa firman-Nya yang termaktub dalam Kitab Suci yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril alaihisalam. 

Direktur Rumah Fiqih Indonesia, Ustaz Ahmad Sarwat MA dalam bukunya Mengenal Al-Quran menjelaskan, jumlah nama Al Quran sebenarnya cukup banyak dan para ulama pun berbeda pendapat tentang berapa jumlah pastinya.

Imam Fakhru ar-Razi menyebutkan dalam Mafatih al-Ghaib sekitar 32 nama untuk Al Quran dan yang pertama adalah al-Kitab. Imam Az-Zarkasyi menyebutkan ada 55 nama untuk Al Quran. Sedangkan Al-Harali menyebutkan bahwa nama-nama Al-Quran mencapai lebih dari 90-an nama. Adapun Imam As-Suyuthi dalam kitab al-Itqaan fii'uluum Al-Qur'an menyebutkan bahwa Al Quran mempunyai 55 nama. 

Penyebutan nama-nama Al-Quran yang banyak itu tentu punya manfaat yang mendalam, bukan sekedar untuk sekedar biar nampak keren punya banyak nama dan penyebutan. Namun pada dasarnya nama-nama itu menjelaskan sifat dan karakter satu yang dinamakan.
Selain, itu menjadi luas dan perlu dipahami satu per satu agar kita bisa lebih menyelami karakter Al Quran.

Berikut beberapa nama lain Al Quran yang dikutip dari Buku Mengenal Al Quran dan Kemenag RI:

1. Al Kitab atau Kitabullah

Nama lain Al Quran yakni Al-Kitab atau Kitabullah biasanya seringkali digunakan ketika menyebut Al-Quran. Al-Kitab itu dalam bahasa Arab berarti memang bermakna buku. Nama ini terdapat dalam surah Al-Baqarah.

ذَٰلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ ۛ فِيهِ ۛ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ

Kitab ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertaqwa (QS. Al-Baqarah : 2)

2. Al Furqan

Nama lain Al Quran berikutnya yakni, Al-Furqan yang memiliki arti pembeda benar dan salah, Nama ini ada dalam QS Al-Furqan ayat 1

تَبَارَكَ الَّذِي نَزَّلَ الْفُرْقَانَ عَلَىٰ عَبْدِهِ لِيَكُونَ لِلْعَالَمِينَ نَذِيرًا

Maha suci Allah yang telah menurunkan Al-Furqan kepada hanba-Nya agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam. (QS. Al-Furqan : 1).


Editor : Kastolani Marzuki