9 Negara Paling Beruntung di Dunia, Nomor 5 Pendidikannya Menyenangkan

Pandika Adi Putra · Senin, 14 Februari 2022 - 16:36 WIB
9 Negara Paling Beruntung di Dunia, Nomor 5 Pendidikannya Menyenangkan
Seorang gadis kecil tengah bermain di jalan salah satu desa di Swiss (ilustrasi). (Foto: Istmewa)

JAKARTA, iNews.id – Negara paling beruntung di dunia membuat banyak orang ingin mengunjunginya. Namun, label keberuntungan itu bukanlah hal yang mudah untuk diteliti dan dikaji, karena tidak ada standar yang baku terkait ukuran keberuntungan tersebut.

Kendati demikian ada beberapa aspek yang menjadi poin atau nilai dalam menentukan negara paling beruntung di dunia. Sebut saja taraf hidup, kesehatan, keamanan, harapan hidup yang tinggi, dan kesejahteraan. 

The Economic Intelligence Unit (EIU) pada 2013 telah merilis negara-negara yang mendapat nilai terbaik dari aspek-aspek keberuntungan dan kebahagian di atas. EIU melakukan riset ini dengan cermat untuk mendapatkan indeks negara beruntung di dunia.

Berikut 9 negara paling beruntung di dunia sesuai survei EIU 2013:

Swiss

Swiss menduduki peringkat pertama sebagai negara yang memiliki aspek kesehatan, keamanan, harapan hidup, dan kesejahteraan yang baik. Negara ini mempunyai ekonomi yang stabil dan makmur.  

Selain itu, Swiss memiliki produk domestik bruto (PDB) yang stabil seperti produk jam tangan Army Swiss dan beberapa produk coklat terkenal di dunia seperti Lindt Swiss Classic Chocolate.


Editor : Ahmad Islamy Jamil