9 Negara Paling Beruntung di Dunia, Nomor 5 Pendidikannya Menyenangkan

Pandika Adi Putra · Senin, 14 Februari 2022 - 16:36 WIB
9 Negara Paling Beruntung di Dunia, Nomor 5 Pendidikannya Menyenangkan
Seorang gadis kecil tengah bermain di jalan salah satu desa di Swiss (ilustrasi). (Foto: Istmewa)

JAKARTA, iNews.id – Negara paling beruntung di dunia membuat banyak orang ingin mengunjunginya. Namun, label keberuntungan itu bukanlah hal yang mudah untuk diteliti dan dikaji, karena tidak ada standar yang baku terkait ukuran keberuntungan tersebut.

Kendati demikian ada beberapa aspek yang menjadi poin atau nilai dalam menentukan negara paling beruntung di dunia. Sebut saja taraf hidup, kesehatan, keamanan, harapan hidup yang tinggi, dan kesejahteraan. 

The Economic Intelligence Unit (EIU) pada 2013 telah merilis negara-negara yang mendapat nilai terbaik dari aspek-aspek keberuntungan dan kebahagian di atas. EIU melakukan riset ini dengan cermat untuk mendapatkan indeks negara beruntung di dunia.

Berikut 9 negara paling beruntung di dunia sesuai survei EIU 2013:

Swiss

Swiss menduduki peringkat pertama sebagai negara yang memiliki aspek kesehatan, keamanan, harapan hidup, dan kesejahteraan yang baik. Negara ini mempunyai ekonomi yang stabil dan makmur.  

Selain itu, Swiss memiliki produk domestik bruto (PDB) yang stabil seperti produk jam tangan Army Swiss dan beberapa produk coklat terkenal di dunia seperti Lindt Swiss Classic Chocolate.

Australia

Negeri kanguru menyusul di urutan kedua negara paling beruntung di dunia. Negara ini punya sistem ekonomi pasar dengan PDB per kapita yang tinggi. Tingkat kemiskinan di negara ini sangat rendah.

Dalam indeks pembangunan manusia (IPM), negara ini menjadi peringkat kedua di dunia dan menjadi peringkat pertama pada indeks kemakmuran sesuai survei yang diterbitkan oleh Legatum pada 2008.

Norwegia

Negara yang menganut sistem pemerintahan parlementer ini memiliki cuaca yang menarik. Negara ini memiliki letak paling utara di bumi, menjadikan matahari akan muncul terus tanpa terbenam selama musim panas dan tidak akan terbit selama musim dingin.

Swedia 

Swedia merupakan negara terkaya urutan ketujuh di dunia berdasarkan PDB. Sumber ekonomi negara ini dengan memanfaatkan sumber daya alam utama negaranya seperti kayu dan sumber daya air, sehingga harapan hidup masyarakatnya sangat tinggi.

Denmark

Denmark memiliki iklim bisnis yang baik menurut majalah Forbes sehingga kesejahteraan dan pendapatan negara ini sangat tinggi. Negara ini juga menjadi negara paling menyenangkan di dunia sejak 2006 sampai 2008 jika dilihat dari aspek kesehatan, kesejahteraan, dan pendidikan.

Sistem pendidikan sambil bermain untuk anak-anak di Denmark menurut mantan Mendikbud Muhadjir Effendy menjadi acuan pendidikan di dunia saat ini. Walaupun pelajaran yang diajarkan berat dan serius, tetap dilakukan dengan menyenangkan.

Singapura

Singapura menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang masuk dalam negara paling beruntung di dunia. Negara ini memiliki ekonomi pasar yang sangat maju karena menjadi salah satu negara perputaran perdagangan ekspor dunia.

Selain itu dari industri pariwisata negara ini juga sangat baik sehingga menjadi salah satu sumber pendapatan di negara ini. Dengan promosi pariwisata hubungan kesehatan negara ini sebagai tujuan kesehatan wisata asing.

Singapura juga masuk dalam daftar negara paling beruntung di dunia. (Foto: Reuters)
Singapura juga masuk dalam daftar negara paling beruntung di dunia. (Foto: Reuters)

Selandia Baru

Selandia baru merupakan negara maju yang memiliki ekonomi sepadan dengan Eropa Selatan dalam beberapa aspek. Indeks pembangunan manusianya menjadi urutan ketiga dunia. 

Negara ini memiliki infrastruktur yang juga baik. Selandia Baru memiliki tujuh bandar udara internasional. Sehingga tercatat industri pariwisata di negara ini juga baik dan menjadi sumber penghasilan di negara ini.

Kota Auckland di Selandia Baru. (Foto: ANTARA)
Kota Auckland di Selandia Baru. (Foto: ANTARA)

Belanda

Selanjutnya Belanda menempati posisi kedelapan menjadi negara paling beruntung di dunia. Ekonomi negara ini berasal dari sektor perikanan, pelayaran, pertanian, perdagangan dan perbankan. 

Negara ini menjadi peringkat kelima dalam indeks inovasi global pada 2020, peringkat itu menurun dari yang sebelumnya berada pada peringkat 4 dunia. Hal itu dinilai dari tingkat keberhasilan negara itu dalam mengembangkan inovasi.

Kanada

Kanada menjadi negara beruntung di dunia urutan ke 9 sesuai survei EIU 2013. Negara ini merupakan negara teknologi maju yang berkecukupan dalam pengadaan energi.

Pendidikan di negara ini dibiayai, diawasi, dan disediakan oleh pemerintah federal. Pendidikan wajib di negara ini hanya sampai usia 16 tahun. Kanada mewajibkan sekolah 190 hari dalam setahun yang dimulai sejak bulan September sampai Bulan Juni.

Itulah 9 negara paling beruntung di Dunia. Kamu tertarik mengunjungi negara-negara itu?


Editor : Ahmad Islamy Jamil