Hikmah

5 Keutamaan Doa Sapu Jagat, Dipuji Allah hingga Dipenuhi Kebaikan Dunia-Akhirat

Kastolani Marzuki · Jumat, 23 Juli 2021 - 06:30 WIB
5 Keutamaan Doa Sapu Jagat, Dipuji Allah hingga Dipenuhi Kebaikan Dunia-Akhirat
Muslim berdoa di Padang Arafah. Doa sapu jagat sangat dianjurkan dibaca pada hari tasyrik. (Foto: Reuters)

Untuk itu Allah SWT berfirman:

{فَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا وَمَا لَهُ فِي الآخِرَةِ مِنْ خَلاقٍ}

Artinya: Maka di antara manusia ada orang yang mendoa, "Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia," dan tiadalah baginya bagian (yang menyenangkan) di akhirat. (Al-Baqarah: 200).

Berkaitan dengan ayat tersebut, Sa'id ibnu Jubair meriwayatkan dari Ibnu Abbas, bahwa dahulu ada suatu kaum dari kalangan orang-orang Arab datang ke tempat wuquf, lalu mereka berdoa, "Ya Allah, jadikanlah tahun ini tahun yang penuh dengan hujan, tahun kesuburan, dan tahun banyak anak yang baik-baik," mereka tidak menyinggung permintaan untuk akhiratnya barang sedikit pun. 

Maka Allah menurunkan firman-Nya: Maka di antara manusia ada yang mendoa, "Ya Tuhan kami, berikanlah kami (kebaikan) di dunia," dan tiadalah baginya bagian (yang menyenangkan) di akhirat. (Al-Baqarah: 200)

Lain halnya dengan orang-orang yang datang sesudah mereka dari kalangan kaum mukmin. Maka doa mereka ialah seperti yang disebutkan di dalam firman-Nya:

{رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ}

Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka. (Al-Baqarah: 201).

Karena itu, Allah SWT memuji hamba-Nya yang meminta kebaikan di dunia dan akhirat.


Editor : Kastolani Marzuki