Hikmah

Kaligrafi Asmaul Husna

Kastolani Marzuki ยท Minggu, 26 September 2021 - 23:21 WIB
Kaligrafi Asmaul Husna
Kaligrafi Asmaul Husna dengan benang sangat indah dan artistik. (Foto: iNews.id/Ali Masduki)

JAKARTA, iNews.id - Kaligrafi Asmaul Husna merupakan seni menulis dengan indah nama-nama Allah yang berjumlah 99. Kaligrafi atau Khat Arab adalah ilmu yang mempelajari seluk beluk tulisan Arab atau Al Quran.

Tim Asatid Rumah Fiqih Indonesia, Ustadz Isnan Ansory Lc menjelaskan, pada dasarnya Al Quran adalah sumber setiap ilmu yang lahir dalam sejarah dan peradaban keilmuan Islam. Bahkan menurut Ali Jum’ah, dengan mengutip Ibn Muqillah dan Abi Hayyan, ia berkata bahwa diciptakannya ilmu khat (kaligrafi) juga dimaksudkan untuk ber-khidmah terhadap nash wahyu (al-Qur’an). Hal ini menunjukkan, bahwa Al Quran merupakan dasar dari setiap ilmu dalam Islam.

Berkaitan dengan Kaligrafi Asmaul Husna, seni indah tulisan Arab itu sudah lama dibuat orang-orang saleh yang memiliki seni menulis sangat baik dan indah. 

Asmaul husna sangat dianjurkan dibaca saat berdzikir karena memiliki keutamaan. Setiap kalimat dan kata dalam asmaul husna memiliki arti berbeda beda. 

Asmaul husna juga banyak dibuat lukisan di dinding-dinding rumah maupun masjid dan musala maupun di tempat-tempat baik lainnya dengan pola, bentuk dan desain yang bervariasi tentunya.

Berikut koleksi kaligrafi asmaul husna yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal baik.

  1. Kaligrafi Asmaul Husna dari Lilin
Kaligrafi dengan metode lilin prada yang dilakukan perajin asal Desa Kalianyar, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak. Foto: iNews/Sukmawijaya.
Kaligrafi dengan metode lilin prada yang dilakukan perajin asal Desa Kalianyar, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak. Foto: iNews/Sukmawijaya.

2. Kaligrafi Asmaul Husna

Perajin kaligrafi  tembaga di Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah. (Foto: iNews/Tata Rahmanta)
Perajin kaligrafi tembaga di Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah. (Foto: iNews/Tata Rahmanta)


Editor : Kastolani Marzuki