4 Fakta Hebat Timnas Indonesia 1938 di Piala Dunia, Tim Asia Paling Memukau

Sintia Putri Balqis ยท Senin, 10 Oktober 2022 - 13:51 WIB
4 Fakta Hebat Timnas Indonesia 1938 di Piala Dunia, Tim Asia Paling Memukau
Fakta hebat Timnas Indonesia 1938 di Piala Dunia sangat menarik untuk dikulik. Pasalnya, Indonesia pernah meramaikan pertandingan Piala Dunia 1938 dengan nama Timnas Hindia Belanda. (foto: Twitter).

JAKARTA, iNews.id – Fakta hebat Timnas Indonesia 1938 di Piala Dunia sangat menarik untuk dikulik. Pasalnya, Indonesia pernah meramaikan pertandingan Piala Dunia 1938 dengan nama Timnas Hindia Belanda.

Timnas Indonesia pernah memiliki sejarah panjang di pentas sepak bola dunia. Indonesia pernah jadi bagian Piala Dunia.

Saat itu, Indonesia tampil di Piala Dunia 1938 dengan nama Hindia Belanda. Indonesia atau Hindia Belanda jadi tim Asia pertama yang mentas di Piala Dunia 1938.

Lantas, apa saja fakta hebat Timnas Indonesia 1938? Berikut ulasannya.

Deretan Fakta Hebat Timnas Indonesia 1938 di Piala Dunia:

1. Tim Asia Pertama di Piala Dunia

Timnas Indonesia yang pada saat itu bernama Timnas Hindia Belanda atau Dutch East Indies. Dinamai dengan nama seperti ini, karena pada saat itu, Indonesia masih dijajah oleh bangsa Belanda. 

Timnas Hindia Belanda berhasil ikut dalam kompetisi sepak bola empat tahunan ini karena mundurnya Jepang dari Piala Dunia 1938. Hal ini disebabkan karena Jepang terlibat Perang Dunia II.

Dalam babak kualifikasi Piala Dunia 1938, Timnas Hindia Belanda seharusnya melawan Amerika Serikat. Namun, Amerika Serikat juga terlibat dalam Perang Dunia II. Hal ini membuat Amerika Serikat juga mengundurkan diri dari ajang sepak bola ini.

Dengan begitu, Timnas Hindia Belanda bisa dengan mudahnya masuk dalam Piala Dunia 1938. Meskipun pada awalnya, Timnas Hindia Belanda tidak diizinkan berangkat oleh Ketua PSSI saat itu. Maka, dengan ini tercatat bahwa Timnas Indonesia atau Timnas Hindia Belanda menjadi negara di Asia pertama yang mengikuti Piala Dunia.


Editor : Ibnu Hariyanto