Zinedine Zidane Kenang Sundulan ke Materazzi di Piala Dunia 2006: Saya Tak Bangga!

Cikal Bintang ยท Senin, 20 Juni 2022 - 10:15 WIB
Zinedine Zidane Kenang Sundulan ke Materazzi di Piala Dunia 2006: Saya Tak Bangga!
Kapten Timnas Prancis Zinedine Zidane (kiri) menanduk dada bek Italia Marco Materazzi pada final Piala Dunia 2006. (Foto: AFP)

PARIS, iNews.id – Mantan playmaker Tim Nasional (Timnas) Prancis, Zinedine Zidane mengenang momen di Piala Dunia 2006. Menjelang ulang tahun ke-50, Zidane mengatakan tidak pernah bangga pernah menyundul dada pemain Italia, Marco Materazzi.

Seperti diketahui bersama, insiden mengejutkan terjadi pada final Piala Dunia 2006. Saat itu, Timnas Prancis berhadapan dengan Timnas Italia pada pertandingan pemungkas yang dilangsungkan di Stadion Olimpiade Berlin, Jerman.

Timnas Prancis mencetak gol lebih dulu via eksekusi penalti Zinedine Zidane (7’). Namun, Timnas Italia membalas lewat gol Marco Materazzi (19’). Skor imbang 1-1 bertahan hingga babak perpanjangan waktu.

Pada babak perpanjangan waktu, ada insiden yang mengejutkan antara Zidane dan Materazzi. Keduanya terlibat sedikit cekcok, yang kemudian dilanjutkan dengan ‘sundulan’ kepala Zidane ke dada Materazzi.

Alhasil, Zidane harus diusir keluar oleh wasit karena mendapatkan kartu merah pada menit ke-110 babak kedua perpanjangan waktu. Pertandingan pun selesai dengan kemenangan Timnas Italia atas Prancis lewat babak adu penalti (5-3).


Editor : Dimas Wahyu Indrajaya