Hikmah

Sejarah Idul Adha: Kisah Nabi Ibrahim as Menyembelih Nabi Ismail as Dalam Al Quran

Kastolani Marzuki · Selasa, 20 Juli 2021 - 14:58 WIB
Sejarah Idul Adha: Kisah Nabi Ibrahim as Menyembelih Nabi Ismail as Dalam Al Quran
Sejarah Idul Adha tidak lepas dari kisah Nabi Ibrahim menyembelih putranya Nabi Ismail yang akhirnya diganti dengan kambing gibas. (Foto : Dok.iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Sejarah Idul Adha tidak lepas dari kepatuhan Nabi Ibrahim alaihisalam (as) melaksanakan perintah Allah SWT untuk mengurbankan dan menyembelih putra tercintanya Nabi ismail as

Padahal, saat itu Nabi Ibrahim baru dikaruniai seorang anak yang akan melanjutkan keturunannya di kala usianya sudah senja. Namun, di kala Ismail sudah beranjak remaja, Nabi Ibrahim as bermimpi untuk menyembelih Ismail. 

Kisah Nabi Ismail ini diabadikan dalam Alquran Surat Ash Shaafat:100-111.

رَبِّ هَبْ لِيْ مِنَ الصّٰلِحِيْنَ
فَبَشَّرْنٰهُ بِغُلٰمٍ حَلِيْمٍ فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يٰبُنَيَّ اِنِّيْٓ اَرٰى فِى الْمَنَامِ اَنِّيْٓ اَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرٰىۗ قَالَ يٰٓاَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُۖ سَتَجِدُنِيْٓ اِنْ شَاۤءَ اللّٰهُ مِنَ الصّٰبِرِيْنَ َ

Dan Ibrahim berkata, "Sesungguhnya aku pergi menghadap kepada Tuhanku, dan Dia akan memberi petunjuk kepadaku. Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.” Maka Kami beri dia kabar gembira dengan seorang anak yang amat sabar. 

{فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يَا بُنَيَّ إِنِّي أَرَى فِي الْمَنَامِ أَنِّي أَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرَى}

Maka tatkala anak itu sampai (pada usia sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata, "Hai Anakku, sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah apa pendapatmu! " (Ash-Shaffat: 102)

Dan sesungguhnya Ibrahim memberitahukan mimpinya itu kepada putranya agar putranya tidak terkejut dengan perintah itu, sekaligus untuk menguji kesabaran dan keteguhan serta keyakinannya sejak usia dini terhadap ketaatan kepada Allah SWT dan baktinya kepada orang tuanya.


Editor : Kastolani Marzuki