Hikmah

Ucapan Idul Fitri, Ini Arti Minal Aidin Wal Faizin dan Taqabalallahu Minna Wa Minkum

Kastolani Marzuki ยท Rabu, 12 Mei 2021 - 06:23 WIB
Ucapan Idul Fitri, Ini Arti Minal Aidin Wal Faizin dan Taqabalallahu Minna Wa Minkum
Melakukan silaturahmi dan bermaaf-maafan sambil mengucapkan minal aidin wal faizin kerap dilakukan Muslim di momen Lebaran Idul Fitri. (Foto: Ist)

Lafadz taqabbalallahu minna wa minkum merupakan lafadz doa yang intinya kita saling berdoa agar semua amal kita diterima Allah SWT. Lafadz doa ini adalah lafadz yang diajarkan oleh Rasulullah SAW ketika kita selesai melewati Ramadhan.

Jadi yang diajarkan sebenarnya bukan bermaaf-maafan seperti yang selama ini dilakukan oleh kebanyakan bangsa Indonesia. Tetapi yang lebih ditekankan adalah tahni'ah yaitu ucapan selamat serta doa agar amal dikabulkan.

Meski tidak diajarkan atau diperintahkan secara khusus, namun bermaaf-maafan dan silaturrahim di hari Idul Fithri juga tidak terlarang, boleh-boleh saja dan merupakan 'urf (kebiasaan) yang baik.

Di luar Indonesia, belum tentu ada budaya seperti ini, di mana semua orang sibuk untuk saling mendatangi sekedar bisa berziarah dan silaturrahim, lalu masing-masing saling meminta maaf. Sungguh sebuah tradisi yang baik dan sejalan dengan syariah Islam.


Editor : Kastolani Marzuki