Kocak! Detik-detik Mancini Susun Starting XI Final Euro, Mau Mainkan Spinazzola

Reynaldi Hermawan ยท Sabtu, 17 Juli 2021 - 11:47 WIB
Kocak! Detik-detik Mancini Susun Starting XI Final Euro, Mau Mainkan Spinazzola
Roberto Mancini usai mengantar Italia juara Euro 2020 (Foto: Reuters)

ROMA, iNews.id - Video detik-detik Pelatih Italia Roberto Mancini susun starting XI final Euro 2020 bocor ke publik. Kocaknya sang allenatore masih sempat bercanda memainkan Leonardo Spinazzola yang cedera.

Italia jumpa Inggris pada final Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Senin (12/7/2021) dini hari WIB. Mancini menurunkan skuat terbaiknya untuk menumbangkan The Three Lions yang bermain di rumah sendiri.

Di ruang ganti Mancini menggunakan, spidol, kertas dan papan untuk mengumumkan starting XI laga pamungkas. Dia terlihat sangat santai.

Malah Mancini masih-masih sempatnya bercanda. Dia menyebut akan memainkan Spinazzola di posisi bek kanan. 

Pelatih Timnas Italia Roberto Mancini. (Foto: Reuters)
Pelatih Timnas Italia Roberto Mancini. (Foto: Reuters)

Padahal saat itu sang defender sudah dipastikan absen. Spinazzolla menderita cedera parah saat melawan Belgia di perempat final.

'Gigio (kiper), Dilo (Di Lorenzo, bek kiri), Leo (Leonardo Bonucci, bek tengah), Giorgio, Spina," kata Mancini sambil tersenyum dan melihat ke arah pasukannya dikutip dari RAI 1, Sabtu (17/7/2021).

Melihat sang allenatore bercanda, para pemain Italia juga ikut tertawa dan saling memandang satu sama lain. Kemudian Mancini mencoret nama Spinazzola dan menggantikannya dengan Emerson Palmieri.

Lalu di posisi tengah dia memberikan kepercayaan kepada Marco Verratti, Nicolo Barella dan Jorginho. Sementara area serang ditempati Federico Chiesa, Ciro Immobile dan Lorenzo Insigne.

Setelah selesai menyebutkan starting XI, Mancini memberikan pidato berkelas. Dia tak mau banyak bicara karena percaya para gladiator Gli Azzurri tahu apa yang harus dilakukan untuk membawa pulang trofi ke Roma.

Roberto Mancini dan skuad Italia juara Euro 2020 (foto: Reuters)
Roberto Mancini dan skuad Italia juara Euro 2020 (foto: Reuters)

"Jadi, tidak banyak yang ingin saya katakan. Kalian semua pasti sudah tahu. Kita sampai ke sini (final) bukan sebuah kebetulan," kata Mancini.

"Kalian penentu bagi jalan hidup kalian sendiri. Bukan wasit, bukan lawan, bukan siapa pun. Kalian tahu apa yang harus kalian lakukan," ucapnya.

Italia akhirnya berhasil menumbangkan Inggris 3-2 via adu penalti setelah bermain imbang 1-1 hingga babak tambahan. Football it's coming Rome langsung bergema di Negeri Pizza.


Editor : Reynaldi Hermawan