Hikmah

Doa Hari Arafah Dibaca Sore Beserta Artinya

Kastolani Marzuki · Senin, 19 Juli 2021 - 04:55 WIB
Doa Hari Arafah Dibaca Sore Beserta Artinya
Jamaah haji wukuf di Arafah. Hari Arafah tanggal 9 Dzulhijjah merupakan waktu mustajab untuk berdoa. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Doa Hari Arafah merupakan waktu istimewa untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Di hari Arafah, seluruh jamaah haji berkumpul di satu titik yakni di Padang Arafah untuk wukuf atau berdiam diri dengan berdzikir dan berdoa kepada Allah.

Hari Arafah jatuh tanggal 9 Dzulhijjah bertepatan tanggal 19 Juli 2021. Di hari itu, semua jmaah berkumpul di satu titik bernama Padang Arafah untuk berdiam diri sambil berdzikir dan berdoa.

Wukuf Arafah merupakan puncak dari seluruh rangkaian ibadah haji. Bahkan, dalam sebuah hadis disebutkan bahwa al hajju 'arafah. "Haji adalah Wukuf di Arafah".

Bagi Muslim yang tidak melaksanakan ibadah haji juga dianjurkan untuk banyak berdzikir dan berdoa. Sebab, doa hari Arafah sangat istimewa seperti disebutkan dalam hadits.

Abdullah bin Amr Radhiyallahu anhu meriwayatkan dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

خَيْرُ الدُّعاءِ دُعاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ، وَخَيْرُ مَا قُلْتُ أَناَ وَالنَّبِيُّوْنَ مِنْ قَبْلِيْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Artinya: “Sebaik-baik doa adalah doa hari Arafah, dan sebaik-baik ucapan yang aku dan para nabi sebelumku ucapkan adalah Laa ilaha illallah wahdahu la syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syaiin qadir.” [HR. at-Tirmidzi no. 3585].


Editor : Kastolani Marzuki